Minggu, 09 Januari 2011

KIKUSUMO BUKA KEJURNAS LIONG DAN BARONGSAI ALBSI 2011




Ditandai dengan pemukulan genderang oleh Ketua Umum Asosiasi Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (ALBSI), Ki Kusumo, Kejurnas Liong dan Barongsai ALBSI 2011 di Emporium Pluit Mal, Jakarta resmi dibuka, Jumat (7/1).

Kejurnas akan berlangsung tiga hari, mempertandingkan empat kategori, yaitu Barongsai Tonggak, Semi Lantai, Lantai Murni dan Liong Siang.

Sekitar 100 tim Liong dan Barongsai dari Jakarta, Bogor, Bekasi dan beberapa daerah seperti Bandung, Bangka Belitung dan Rengas Dengklok akan bertanding memperebutkan Thropy bergilir ALBSI dan uang pembinaan puluhan juta rupiah.

Dalam sambutannya, Ki Kusumo mengatakan bahwa tujuan diadakannya Kejurnas Liong dan Barongsai ALBSI 2011, selain untuk menggali potensi dan menjaring bibit baru dari atlit Liong dan Barongsai Indonesia, juga untuk mengembangkan kesenian khas Tionghoa tersebut.

“Liong dan Barongsai adalah kesenian yang kini telah digalakkan menjadi salah satu cabang olah raga. Karenanya, ALBSI merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi dengan menggelar Kejurnas Liong dan Barongsai, guna menggali potensi para atlit-atlitnya,” terang Ki Kusumo.

Ke depannya, Ki Kusumo berharap Liong dan Barongsai Indonesia makin dikenal dan para atlitnya bisa lebih berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Yang tak kalah penting, perkumpulan Liong dan Barongsai yang ada selama ini, makin bisa bersatu. “ALBSI dibentuk salah satu tugasnya ingin mempersatukan perkumpulan Liong dan Barongsai di Indonesia,” lanjut Ki Kusumo.

Karenanya, ALBSI selaku penyelenggara yang merupakan wadah baru yang lebih netral dan terbuka bagi perkumpulan Liong dan Barongsai mana pun, menyampaikan terima kasih pada induk organisasi Liong dan Barongsai Indonesia yang lebih dulu ada, yang telah mengijinkan anggotanya untuk mengikuti pertandingan yang digelar ALBSI.

Hadir dalam kesempatan tersebut, pejabat dari Kantor Walikota Jakarta Utara, Sesepuh Perkumpulan Liong dan Barongsai Indonesia dan para artis pendukung film 13 Cara Memanggil Setan, seperti Debby Ayu, Five Vi, HIM Damsyik dan Fairly Wattimena.  @den

1 komentar:

Posting Komentar